Minggu, 24 Agustus 2014

Perjanjian Kerjasama Ekonomi Rusia Indonesia 2014

UC Rusal, produsen alumunium berskala global, mengumumkan penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MOU) dengan PT Arbaya Energi, anak usaha Satmarindo Group untuk melakukan eksplorasi bauksit dan memproduksi alumina di Kalimantan Barat.

Kerja sama dua pihak tersebut ditandatangani CEO Rusal Oleg Deripaska dan Direktur Utama PT Arbaya Energi Suryo B. Sulistyo pada acara Kerjasama antar Pemerintah Rusia dan Indonesia dalam Bidang Perdagangan, Ekonomi, dan Teknik di Jakarta, Selasa 25 Februari 2014.

Nota kesepakatan itu akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan detail terkait teknis pelaksanaan investasi tersebut. Pada tahap pertama, kedua belah pihak sepakat untuk mengucurkan investasi demi membangun sejumlah infrastruktur yang memadai untuk merealisasikan kerja sama tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Rabu 26 Februari 2014, Deripaska menjelaskan bahwa Rusal  sangat senang bekerja sama dengan PT Arbaya Energi dalam mengeksplorasi dan melakukan aktivitas tambang bauksit serta memproduksi alumina di Indonesia.

Menurut Deripaska, bahwa perusahaannya sangat berminat untuk melakukan ekspansi ke wilayah Asia Tenggara sejak lama. Karena Rusal melihat bahwa pasar Asia Tenggara memiliki keunggulan tersendiri di dunia pertambangan global. "Langkah ini akan menjadi pijakan yang baik bagi bisnis kami secara global,” ujar Deripaska.

Dalam lawatan bisnisnya tahun lalu, ia melanjutkan, Rusal telah mengemukakan keinginannya untuk berinvestasi di Indonesia. Rusal kala itu sedang mencari partner strategis mitra nasional yang dapat diajak bekerja sama demi mewujudkan investasi tambang bauksit dan memproduksi alumina di Indonesia.

Keinginan untuk menanamkan investasi di Indonesia, menurut Deripaska, dilatarbelakangi oleh kenyataan pertambangan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang luar biasa dalam beberapa tahun belakang ini. "Indonesia telah menjadi negara penghasil bauksit terbesar ketiga di dunia," kata dia.

Direktur Utama PT Arbaya Energi, Suryo B. Sulistyo, menyambut baik kerja sama dengan Rusal yang merupakan salah satu perusahaan aluminium terbesar di dunia. Ia meyakini kerja sama ini akan menaikkan posisi Indonesia di mata industri pertambangan dunia. Langkah ini sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam membentuk industri pengolahan nasional berskala internasional.

"Kami berharap kerja sama ini mampu menyumbang nilai tambah yang signifikan untuk sektor pertambangan nasional dan kemajuan masyarakat Indonesia,” kata Suryo. Sumber: vivanews